12 Agustus 2019 21:39:26
Ditulis oleh Agus S

DONOR DARAH PEMDES SADANG BERSAMA PMI TUBAN

sadang-jatirogo.desa.id - Waktu menunjukkan pukul 08.00 WIB, segenap panitia beserta Kader Donor Darah Pemerintah Desa Sadang sudah melakukan persiapan guna acara Bakti Sosial Donor Darah Pemdes Sadang bersama PMI Tuban yang akan diselenggarakan pada pukul 09.00 WIB hari senin tanggal 12 agustus 2019. Ya, pada hari ini Pemerintah Desa Sadang mengadakan Donor Darah dalam rangka Bakti Sosial yang bekerja sama dengan PMI Kabupaten Tuban dan menggandeng sponsor dari minuman energi Extra Joss. Ini merupakan kali pertama Pemdes Sadang menyelenggarakan bakti sosial donor darah. Pihak sponsor bekerja sama dengan PMI dalam penyelenggaraan donor darah di Kabupaten Tuban dari tanggal 1 sampai 31 agustus 2019. Ini merupakan komitmen dari sponsor untuk mendukung suksesnya donor darah di Kabupaten Tuban dan untuk meningkatkan animo masyarakat untuk mendonorkan darahnya demi kemanusiaan.

          Satu-persatu pendonor mulai berdatangan di Pendopo Balai Desa Sadang. Selain dari tamu undangan, pendonor juga banyak yang berasal dari masyarakat umum dan karyawan dari instansi-instansi yang berada di wilayah pemerintahan Desa Sadang. Adapun kader Posyandu, Ibu-ibu PKK, Guru TK, SD dan PAUD, perangkat desa sebelah juga ikut berpartisipasi dalam acara donor darah tersebut. Dilanjutkan dengan mengisi daftar hadir, peserta donor kemudian mengisi form yang disediakan oleh pihak PMI. Setelah form diisi lengkap dan dibubuhi tanda tangan, kemudian peserta donor dilakukan pengecekan kadar Hemoglobin (Hb) oleh petugas.

          Hemoglobin adalah molekul protein dalam sel darah merah yang berperan membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh dan dan membawa karbondioksida dari seluruh jaringan tubuh ke paru-paru. Angka normal Hb untuk pria dewasa adalah 14-18 g/dL dan wanita 12-16 g/dL. Jika kurang dari angka tersebut atau melebihi maka bisa dipastikan pendonor tidak bisa mendonorkan darahnya.

          Satu persatu pendonor yang sudah melewati test Hb dan dinyatakan lolos memasuki mobil donor PMI. Didalam mobil donor PMI sudah ada Bapak Agus Hardjunadi selaku Kasubid Pencari dan Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Tuban dan Bapak David Asepta yang sudah siap dengan peralatannya untuk melakukan donor darah. Dari total 38 peserta donor yang mendaftarkan diri, hanya 9 orang pendonor yang tidak bisa untuk mendonorkan darahnya dikarenakan Hb yang kurang/lebih dan tekanan darah yang rendah/terlalu tinggi. Adapun beberapa peserta donor yang tidak bisa mendaftar karena sedang menstruasi dan beberapa juga ada yang sakit ringan seperti influenza.

          Setelah melakukan donor darah, pendonor kemudian dipersilahkan ke booth Extra Joss untuk sesi foto dokumentasi. Pendonor juga mendapatkan bingkisan menarik dari Pihak Sponsorship Extra Joss berupa kaos dan produk dari Extra Joss. Selain mendapatkan bingkisan dari sponsor, pendonor juga bisa membeli produk-produk dari Extra Joss yang memiliki banyak sekali varian rasa. Pihak Extra Joss berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan donor darah PMI Kabupaten Tuban selama bulan agustus 2019 ini.

Sekira pukul 12.30 seluruh pendonor sudah selesai melakukan donor darah. Pihak PMI dan sponshorsip sudah mulai berkemas. Sebelum meninggalkan Balai Desa Sadang pihak Sponshorship dan PMI melakukan sesi foto bersama Kader Donor Darah. Pihak PMI melalui Bapak Agus Hardjunadi mengucapkan banyak terima kasih kepada segenap Pemerintah Desa Sadang yang sudah melakukan kerja sama dengan pihak PMI untuk menyelenggarakan acara Bakti Sosial Donor Darah. Ini merupakan awal yang bagus bagi Desa Sadang karena di pertemuan awal sudah bisa mendapatkan 29 kantong darah dari target 30 kantong darah yang ditentukan oleh PMI. Melihat animo masyarakat yang sangat antusias terhadap acara donor darah ini, Pemerintah Desa Sadang berkomitmen untuk menyelenggarakan kembali acara Bakti Sosial Donor Darah ini setiap tiga bulan sekali. (@gus_sung)

 

sumber artikel : ukurandansatuan.com



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus