07 Agustus 2019 01:33:24
Ditulis oleh Agus S

PEMBINAAN DESA SIAGA TAHUN 2019 OLEH PUSKESMAS JATIROGO

sadang-jatirogo.desa.id - Pukul 09.00 WIB hari selasa tanggal 06 Agustus 2019 para undangan sudah datang di pendopo Balai Desa Sadang. Para tamu undangna tersebut adalah para kader Posyandu Desa Sadang, Ketua PKK Desa Sadang dan perwakilan dari tokoh Masyarakat Desa Sadang. Kehadiran tamu undangan tersebut adalah untuk menghadiri acara Pembinaan Desa Siaga Tahun 2019 oleh Tim dari Puskesmas Jatirogo. Mungkin sebagian dari kita masyarakat Desa Sadang masih asing dengan istilah Desa Siaga.

Desa Siaga adalah adalah desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan serta kemauan untuk untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana, dan kegawadaruratan, kesehatan secara mandiri. Ya, pada tahun 2019 Desa Sadang mendapatkan kesempatan untuk mewakili Kecamatan Jatirogo dalam kompetensi Desa Siaga se-Kabupaten Tuban. Ini adalah kali pertama Desa Sadang dipercaya untuk mewakili Kecamatan Jatirogo setelah sebelumnya pada tahun 2018 kemarin Kecamatan Jatirogo diwakili oleh Desa Wotsogo.

Acara dibuka oleh Sekdes Sadang yang mewakili Kepala Desa Sadang yang kebetulan hari ini sedang menghadiri acara di kantor Sekda Tuban. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa ini adalah kali pertama Desa Sadang dipercaya untuk mewakili Kecamatan jatirogo dalam kompetensi Desa Siaga tingkat Kabupaten. Oleh karena itu dibutuhkan kerjasama, sinergi, dan kekompakan antara Pemerintah Desa, Kader Posyandu dan Kader-kader lain yang menangani kesehatan di wilayah Desa Sadang. Masih banyak kader yang belum dibentuk dan untuk mengikuti kompetensi Desa Siaga tingkat Kabupaten, maka kader-kader kesehatan yang menjadi kriteria penilaian Desa Siaga harus dibentuk. Untuk tahun 2019 ini Kepala Desa Sadang berkeinginan agar Desa Sadang bisa meraih juara dalm kompetensi ini, tambahnya.

Acara dilanjutkan pemaparan materi dari Puskesmas Jatirogo. Dalam pemaparan materi tersebut disampaikan ada beberapa kriteria dalam penilaian Kompetensi Desa Siaga tingkat Kabupaten ini. Diantaranya adalah :
- Kemudahan akses masyarakat desa terhadap layanann kesehatan melalui Poskesdes
- Pemaksimalan Poskesdes untuk pelayanan kesehatan desa dimana sarana prasarana serta peralatan harus lengkap dan sesuai dengan standar yang ditetapkan
Disamping kedua poin diatas, kriteria penilaian lain yang harus dipenuhi untuk menambah point nilai dalam kompetensi Desa Siaga adalah kelengkapan administrasi Poskesdes, kelengkapan sarana penunjang kesehatan seperti ambulance desa yang harus berjumlah minimal 2 unit, serta adaministrasi-administrasi lain yang berhubungan dengan Poskesdes.

Diharapkan dengan keikutsertaaan Desa Sadang dalam kompetensi Desa Siaga tingkat Kabupaten ini dapat membawa Desa Sadang menjadi lebih baik dalam kemandirian Poskesdes untuk melaksanakan tugas kesehatan sehingga dapat meningkatkan tingkat kesehatan Masyarakat Desa Sadang. Dan semoga tahun 2019 Desa Sadang dapat memperoleh peringkat 10 besar dalam Kompetensi Desa Siaga tingkat Kabupaten. (agus_sung)

Referensi artikel : Desa Siaga

 



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus