02 Agustus 2019 23:04:02
Ditulis oleh Agus S

MONITORING & EVALUASI (MONEV) PENGELOLAAN KEUANGAN DESA SEMESTER 1 DESA SADANG TAHUN 2019

sadang-jatirogo.desa.id - Tim monitoring dan evaluasi pengelolaan keuangan desa datang ke kantor Balai Desa Sadang pada pukul 12.00 WIB hari kamis tanggal 1 agustus 2019. Seluruh tim monitoring dan evaluasi (Monev) sudah bersiap sesuai dengan bidang masing-masing. Kedatangan tim Monev ini sendiri adalah bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan & pengelolaan keuangan desa, penilaian administrasi desa, serta penilaian administrasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Di bidang Pengelolaan Keuangan Desa ada beberapa kelengkapan dokumen yang dinilai, diantaranya adalah :
1. RKPDesa Tahun 2019
2. APBDesa Tahun 2019
3. SK Pemegang Pengelolaan Keuangan Desa dan Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa
4. Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) yang terdiri dari RAKD, RKKD, RKA dan RAB
5. BKU, Buku Pembantu Bank, Buku Pembantu Pajak, Buku Pembantu Panjar, dan Buku Pembantu Kas Tunai
6. Laporan realisasi APBDesa 2019 semester pertama dan Ikhtisar
7. LPPD akhir tahun 2018 dan LPPD akhir jabatan kepala desa
Dari ketujuh point diatas, Pemerintah Desa Sadang sudah melengkapi dokumen tersebut 100% dan tidak ada kekurangan dokumen Pengelolaan Keuangan Desa.

Di bidang Administrasi Desa ada beberapa buku dan dokumen yang menjadi bahan penilaian dari tim MONEV Kecamatan Jatirogo, diantarnya :
1. Buku Administrasi Umum
    - Buku Peraturan Desa
    - Buku Keputusan Kepala Desa
    - Buku Inventaris dan Kekayaan Desa
    - Buku Aparat Pemerintah Desa
    - Buku Tanah Kas Desa
    - Buku Agenda
    - Buku Ekspedisi
    - Buku Lembar Desa dan Berita Desa

2. Buku Administrasi Kependudukan
    - Buku Induk Penduduk
    - Buku Mutasi Penduduk
    - Buku Rekapitulasi Jumlah Penduduk
    - Buku Penduduk Sementara
    - Buku KTP dan KK

3. Buku Administrasi Pembangunan
    - Buku Rencana Kerja Pembangunan
    - Buku Kegiatan Pembangunan
    - Buku Inventaris Hasil-Hasil Pembangunan
    - Buku Kader Pemberdayaan Masyarakat

4. Pengelolaan Arsip Desa
    - Lemari Arsip/ Filling cabinet, ordner
    - Ruang Arsip (record center)
    - Box Arsip
    - Rak Arsip

Dari keempat point diatas hampir 80% point penilaian sudah tercukupi, hanya saja ada beberapa buku yang ditulis dengan menggunakan format laporan tahun yang lama dan diwajibkan untuk pemerintah desa untuk segera menyalin dan mengganti dengan menggunakan format yang baru sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat.

Kemudaian untuk BUMDES penilaian meliputi kearsipan dan kelengkapan dokumen. Untuk BUMDES Desa Sadang sendiri dokumen dan kearsipan sudah memadai dan sudah sangat baik. Bahkan untuk tahun 2018 BUMDES Desa Sadang dinobatkan sebagai BUMDES terbaik di ajang Jatirogo Award 2 yang berlangsung di Kota Batu Malang.

Dibidang pembangunan yang menyangkut pembangunan fisik, penilaian meliputi kesesuaian antara Rencana Anggaran Belanja (RAB) dengan kondisi fisik bangunan dilapangan. Disamping itu juga dalam hal peng-SPJ an juga dituntut harus rapi dan sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan. Untuk beberapa pembangunan fisik ada yang baru terlaksana 80% yaitu pembanguna Tembok Penahan Jalan (TPJ) RT.02/RW.01, 90% untuk pembangunan jembatan RT.03/RW.06 serta 40% untuk pembangunan saluran air (drainase) RT. 02/RW.01.

Setelah semuanya selesai dalam penilaian, masing-masing perwakilan dari penilai memaparkan hasil yang mereka peroleh setelah melakukan evaluasi. Tim Monev menyampaikan Desa Sadang sudah baik dan hanya perlu beberapa revisi dan menyelesaikan pembangunan fisik yang belum 100%. Acara berakhir sekira pukul 14.00WIB dan Tim Monev bertolak dari Desa Sadang untuk melakukan Monitoring dan Evaluasi di Desa Sugihan. (agus_sung)



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus