29 Juli 2019 15:43:15
Ditulis oleh Agus S

LAPORAN KEGIATAN KKN UNAIR TAHUN 2019 DI DESA SADANG

http://sadang-jatirogo.desa.id - Tidak terasa 27 hari sudah berlalu sejak kedatangan teman-teman Mahasiswa dari Unair pada tanggal 2 juli 2019 di Kantor Bupati Tuban. Banyak kegiatan yang sudah mereka lakukan selama 25 hari di Desa Sadang. Mulai dari kegiatan kesehatan, kegiatan sosial, kegiatan pendidikan dan kegiatan ekonomi. Hari sabtu pagi tanggal 27 juli 2019 pukul 06.00 WIB teman-teman Mahasiswa sudah meninggalkan Balai Desa Sadang yang selama 25 hari menjadi Basecamp mereka dalam melakukan kegiatan.

Berikut ini kami rangkum kegiatan Mahasiswa KKN Unair tahun 2019 selama berada di Desa Sadang Kecamatan Jatirogo

1. Kerja bakti tahap 1 untuk persiapan acara sedekah bumi Desa Sadang tahun 2019


2. Mengikuti kegiatan pembacaan visi dan misi calon Kepala Desa Sadang periode 2019-2025 sekaligus perkenalan kepada perwakilan RT, RW, BPD, LPMD dan anggota masyarakat.

3. Kerja bakti tahap 2 untuk persiapan acara sedekah bumi Desa Sadang tahun 2019

4. Mengikuti acara manganan dan pagelaran wayang kulit dalam rangka sedekah bumi Desa Sadang tahun 2019

5. Berkenalan dengan pemuda Desa Sadang sekaligus berdiskusi tentang problem yang ada di Masyarakat Desa Sadang

6. Melakukan kegiatan bersih-bersih di lingkungan sekitar Balai Desa Sadang

7. Mengikuti dan membantu kegiatna Sosialisasi & Pelayananan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan POSYANDU Balita Desa Sadang bersama Bidan Desa Sadang.

8. Melakukan pengambilan video untuk keperluan pembuatan video profil desa di Pasar Jatirogo yang merupakan pusat kegiatan ekonomi di Kecamatan Jatirogo.

9. Mengikuti kegiatan senam bersama Lansia, dilanjutkan dengan penyuluhan mengenai penyakit degeneratif, dan ditutup dengan pengecekan kesehatan berkala oleh Bidan Desa Sadang di Poskesdes Desa Sadang.





10. Melakukan dokumentasi tentang tata cara pembuatan marning di Desa Sadang yang dimulai dari penjemuran jagung sebagai bahan baku pembuatan marning. Marning adalah camilan dari jagung yang merupakan jajanan khas dari Desa Sadang Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban.

11. Mengikuti kegiatan Kelas Ibu Hamil yang diadakan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai kehamilan dan persiapan persalinan serta diikuti dengan kelas senam ibu hamil guna meningkatkan aktivitas motorik bagi calon bayi.


12. Melakukan kerja bakti untuk membersihkan taman di Balai Desa Sadang.

13. Melakukan kegiatan belajar bersama adik-adik dari PAUD Bina Anak Ceria (BAC) Desa Sdang dan dilanjutkan dengan Posyandu Balita.

14. Bermain dan belajar bersama adik-adik PAUD Bina Anak Ceria (BAC) di pagi hari dan mengikuti kegiataan Promosi Hidup Sehat Guna Mencegah Penyakit Menular berbahaya yaitu HIV/AIDS dan TBC di malam hari.




15. Melakukan kegiatan Games Edukasi serta praktek cara mencuci tangan yang baik dan benar di SDN Sadang 2 pada siang hari dan kegiatan belajar ceria mandiri di Pendopo Balai Desa Sadang di malam hari.







16. Melakukan kegiatan Games Edukasi serta praktek cara mencuci tangan yang baik dan benar di SDN Sadang 1.



17. Melukis Majalah dinding (Mading) bersama adik-adik PAUD Bina Anak Ceria (BAC) Desa Sadang.




18. Mengikuti kegiatan Posyandu Balita dan kelas ibu hamil rutin yang diisi dengan kegiatan sosialisasi mengenai persalinan dan KB pasca kehamilan dan kemudian dilanjutkan dengan senam bersama ibu hamil.


Semoga semua dedikasi dan kegiatan yang dilakukan oleh teman-teman Mahasiswa dari UNAIR selama berada di Desa Sadang dapat bermanfaat bagi segenap Masyarakat Desa Sadang sehingga Masyarakat Desa Sadang bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya. (agus_sung)

(foto by instagram @kknsadang60 - ramond and team)

 

 



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus