06 Juli 2019 21:52:20
Ditulis oleh Agus S

SEDEKAH BUMI DESA SADANG TAHUN 2019

Tradisi sedekah bumi ini, merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat di pulau jawa yang sudah berlangsung secara turun-temurun dari nenek moyang orang jawa terdahulu. Ritual sedekah bumi ini biasanya dilakukan oleh mereka pada masyarakat jawa yang berprofesi sebagai petani, nelayan yang menggantunggkan hidup keluarga dan sanak famil mereka dari mengais rizqi dari memanfaatkan kekayaan alam yang ada di bumi.

Bagi masyarakat jawa khususnya para kaum petani dan para nelayan, tradisi ritual tahunan semacam sedekah bumi bukan hanya merupakan sebagai rutinitas atau ritual yang sifatnya tahunan belaka. Akan tetapi tradisi sedakah bumi mempunyai makna yang lebih dari itu, upacara tradisional sedekah bumi itu sudah menjadi salah satu bagian dari masyarakat yang tidak akan mampu untuk dipisahkan dari budaya jawa .

Pada acara upacara tradisi sedekah bumi tersebut umumnya, tidak banyak peristiwa dan kegiatan yang dilakukan di dalamnya. Hanya saja, pada waktu acara tersebut biasanya seluruh masyarakat sekitar yang merayakannya tradisi sedekah bumi membuat tumpeng dan berkumpul menjadi satu di tempat sesepuh kampung, di balai desa atau tempat tempat yang telah disepakati oleh seluruh masyarakat setempat untuk menggelar acara ritual sedekah bumi tersebut.

Di Desa Sadang sendiri acara sedekah bumi diselenggarakan berpusat di Sumur Gede yang terletak di RT.03 RW.02 atau tepatnya berada di pojok desa sebalah barat laut. Selain di sumur gede acara sedekah bumi dengan membawa tumpeng juga diselenggarakan di Sumur Gondang dan Sumur Uni yang terletak di sebelah timur laut Desa Sadang.

kabumi 9

Acara diawali dengan sambutan Plh. Kepala Desa Sadang. Dalam sambutannya beliau mengajak agar masyarakat dapat terus menjaga tradisi sedekah bumi yang sudah diadakan dan berlangsung turun temurun dari nenek moyang dahulu agar tradisi ini tidak punah sehingga anak cucu kita pada nantinya dapat terus menikmati dan melanjutkan tradisi Sedekah Bumi ini. Acarapun kemudian dilanjutkan dengan tahlil yang dipimpin oleh Modin Desa Sadang Mbah Zuhri. Setelah tahlil selesai, acara ditutup dengan do'a. Dan setelah do'a dipanjatkan masyarakat kemudian membuka tumpeng yang dibawa masing-masing dari rumah untuk kemudian dimakan bersama-sama. Karena makan yang dilakukan secara bersama-sama inilah acara Sedekah Bumi juga sering disebut dengan acara manganan. (agus_sung)

sumber artikel https://indramayukab.go.id/sedekah-bumi/



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus