04 April 2019 11:51:45
Ditulis oleh Agus S

PELATIHAN MANAGEMENT UMKM BERSAMA OWNER PUTRI ASIH RESTO

Pada hari kamis tanggal 4 April 2019 pukul 09.00WIB bertempat di Balai Desa Sadang Kecamatan Jatirogo diadakan Pelatihan Management UMKM Bersama Owner Putri Asih Resto Tuban, Bapak Solikin Faisol. Beliau merupakan Ketua Kominitas Bisnis TDA Tuban, Owner Putri Asih Resto, Founder Rajungan Ndoro Bei Resto, Owner Sego Wareg dan Owner UD. Juara Food yang beberapa cabangnya tersebar di seluruh Jawa Timur dan pada saat ini mempunyai karyawan sebanyak kurang lebih 2.000 (dua ribu) orang. Beliau merupakan pebisnis muda yang sukses di bidang kuliner yang kesemuanya diawali dari nol dan sekarang bisa meraih kesuksesan diusia yangmasih muda.

Acara ini dihadiri oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM), perwakilan dari kelompok perempuan, perwakilan dari pemuda danbeberapa warga yang ingin dan baru akan memulai usaha. Para peserta sangat antusias dalam acara ini. Hal ini terlihat dari aktifnya interaksi para peserta dengan narasumber dalam sesi tanya jawab. Para peserta pun terlihat senang dan puas setelah mengutarakan problem masing-masing sehingga sedikit banyak bisa memberikan gambaran tentang apa yang harus dilakukan untuk kedepannya agar usahanya dapat berkembang dan bisa memulai bisnis baru bagi  yang belum punya usaha.

Dalam materinya, beliau menyampaikan 7 hal pokok yang harus dilakukan oleh pelaku UMKM pemula agar bisa tumbuh dan berkembang menjadi sebuah bisnis yang besar dan berkembang yang bisa mempunyai ribuan karyawan. Adapun 7 hal pokok tersebut adalah :

1. Lakukan Apa Yang Orang Lain Tidak Lakukan
     Hal ini mengandung makna bahwa untuk mendulang kesuksesan, para pelaku UMKM harus melakukan inovasi-inovasi baru yang tidak dilakukan oleh kompetitor/saingan bisnis. Dengan melakukan inovasi maka produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM bisa bersaing didunia bisnis dengan produk unggulan yang menonjol dibandingkan dengan produk dari pesaing bisnis.

2. Lakukan Yang Berbeda
     Dengan melakukan trik-trik yang sedikit berbeda dari para pesaing, maka para pelaku UMKM dapat dengan mudah merebut pasar. Hal ini dikarenakan sebagian besar pelaku usaha khususnya UMKM melakukan trik yang sama untuk melakukan usaha, sehingga dengan sedikit melakukan usaha yang berbeda dapat mejadikan point plus yang bisa menjadikan pelaku UMKM bisa masuk pasar dengan mudah.

3. Lakukan Dengan Cepat
     Untuk mencapai kesuksesan kita tidak boleh terlalu lama menunggu, kita harus bergerak cepat agar tidak semakin tertinggal dengan para kompetitor dan pesaing bisnis. Kita harus segera merealisasikan semua ide-ide dan pemikiran-pemikiran kita yang sudah kita rancang sebelumnya.

4. Orientasi Pada Hasil & Fokus Terhadap Proses
      Untuk mencapai kesuksesan, para pelaku UMKM harus harus berorientasi pada goal target dan hasil apa yang akan mereka capai. Akan tetapi kita ridak boleh mengabaikan proses dalam mencapai hasil tersebut. Nikmati prosesnya InsyaAllah hasil akan mengikuti

5. Open Mind & Belajar Tanpa Putus
     Untuk mencapai kesuksesan para pelaku UMKM harus mempunyai pemikiran yang terbuka (Open Mind), pemikiran yang mau dan mampu untuk menerima saran, kritik dan masukan apapun dari lingkungan, baik lingkungan tempat tinggal maupun lingkungan bekerja. Dengan pemikiran yang terbuka tersebut, maka para pelaku UMKM dapat mendapatkan masukan-masukan positif yang dapat membangun pribadi yang lebih baik. Disamping itu para pelaku UMKM juga harus mau dan bersedia belajar untuk menjadi yang lebih baik dari pengalaman dan saran kritik dari lingkungan.

6. Daya Tahan Motivasi
     Dengan semakin sengitnya persaingan didunia bisnis, maka pelaku UMKM harus tahan banting, harus dapat bertahan dari persaingan-persaingan luar dengan produk yang kompetitif dan inovatif sesuai dengan selera dan konsumsi pasar. Dengan begitu mereka akan punya market tersendiri di masyarakat dan dapat bertahan di dunia bisnis.

7. Kemampuan Membangun Network
     Dari point 1-6 diatas, point nomor 7 ini  adalah point yang sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan para pelaku UMKM. Mereka harus dapat menjalin relasi bisnis seluas-luasnya untuk membangun market mereka. Para pelaku UMKM harus bisa masuk dan menjalin relasi ke semua segmen agr bisa memperluas pemasaran dan bisa meningkatkan omset penjualan mereka. UMKM tanpa jaringan bisnis yang luas adalah BIG ZERO (nol besar).

Disamping 7 langkah diatas, ada beberapa point lagi yang harus dilakukan oleh para pelaku UMKM, diantaranya adalah :

1. Pelaku UMKM harus mengetahui apa yang menjadi maslah dari konsumen, sehingga bisa menghasilkan produk yang sesuai dengan problem dan keinginan masyarakat.
2. Para pelaku UMKM juga harus bisa menganalisa seberapa besar pangsa pasar yang akan dimasuki, sehingga bisa menyesuaikan kualitas dan kuantitas produk yang akan diproduksi dan dipasarkan.
3. Pelaku UMKM harus bahwa ada beberapa faktor yang berdampak dalam bisnis mereka diantaranya adalah Faktor Pemerintah, Faktor LSM, Faktor Teknologi, Faktor Customer, Faktor Suplier dan Faktor Competitor.
4. Pelaku UMKM harus bisa meyakinkan konsumen mengapa harus memilih produk yang mereka produksi, sehingg para pelaku UMKM harus berinovasi sebaik mungkin agar konsumen yakin, percaya dan akhirnya memilih produk mereka.
5. Dan yang terakhir adalah bagaimana para pelaku UMKM akan memasarkan produk mereka. Apakah produk tersebut akan dipasarkan secara online maupun offline. Dengan marketing yang tepat, maka produk akan lebih mudah dikenal di masyarakat luas. (agus_sung)


Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus