Artikel

TIGA PILAR DESA SADANG DESA LAKUKAN TRACING PEMUDIK YANG PULANG DARI LUAR KOTA BERSAMA BIDAN DESA

08 Mei 2021 10:55:35  Agus S  155 Kali Dibaca  Berita Desa

Sadang-jatirogo.desa.id - Pemerintah secara resmi melarang seluruh warga masyarakat melakukan mudik dalam rangka Hari Raya Idul Fitri tahun 2021. Larangan Pemerintah untuk melakukan mudik dituangkan dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6-17 Mei 2021.

Namun, bukan warga +62 namanya kalau tidak pandai memanfaatkan peluang didalam kesempitan. Jika larangan mudik mulai diberlakukan pada tanggal 6-17 Mei 2021, maka masyarakat yang berada diperantauan berlomba-lomba untuk melakukan mudik pulang kampung sebelum larangan mudik diberlakukan. Hal ini terlihat dari adanya beberapa warga yang datang dari perantauan di kampung halaman di beberapa Desa. Tidak terkecuali Desa Sadang Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban pun terdapat beberapa warga yang berhasil pulang dari perantauan sebelum larangan mudik diberlakukan.

Menyikapi hal tersebut, Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Desa Sadang bertindak cepat. Setelah mendapatkan laporan dari masyarakat setempat, Tim Gugus Desa segera melakukan Tracing terhadap para pemudik tersebut. TIm Gugus Desa menggandeng Babinsa, Bhabinkamtibmas serta Bidan Desa melakukan tracing terhadap 3 keluarga yang baru datang dari Jakarta pada tanggal 5 Mei 2021, tepat satu hari sebelum larangan mudik diberlakukan.

Dalam Tracing tersebut, Bidan Desa Sadang Yuyun Soehartini melaksanakan beberapa prosedur pemeriksaan awal kesehatan. Beliau melakukan pengecekan suhu tubuh serta pemeriksaan tekanan darah terhadap para pemudik. Total ada 9 orang dari 3 Kepala Keluarga yang didatangi dan dilakukan Tracing oleh Tim Gugus.

Setelah semua prosedur pemeriksaan awal kesehatan dilakukan dan seluruh pemudik dinyatakan dalam keadaan sehat, Bhabinsa dan Babinkamtibmas Desa Sadang menghimbau agar seluruh warga yang baru datang dari perantauan ini untuk sementara waktu agar tidak melakukan aktifitas diluar ruangan dan melaksanakan isolasi mandiri dirumah masing-masing. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar penularan Covid-19 di Desa Sadang dapat diminimalisir. (@gus_sung)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Sadang Jatirogo

Peta Desa

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:149
    Kemarin:432
    Total Pengunjung:885.004
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.198.139.112
    Browser:Tidak ditemukan