Artikel

SOP NEW NORMAL – TIM EVALUASI TGPP COVID-19 PUSKESMAS JATIROGO

24 Juni 2020 19:53:42  Agus S  114 Kali Dibaca  Berita Desa

Sadang-jatirogo.desa.id – Tim dari Puskesmas Jatirogo kembali mengadakan evaluasi terhadap kinerja dari Tim Gugus Percepatan Penanganan (TGPP) Covid-19 Desa Sadang. Evaluasi GTPP Covid-19 Desa Sadang jilid 2 ini diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 24 Juni 2020 di Pendopo Balai Desa Sadang pukul 09.30 WIB. Pada evaluasi kali ini Tim Puskesmas Jatirogo menghadirkan Bapak Heru Cahyadi S.Kep Ns. Dari tim perawat Puskesmas Jatirogo.

Heru Cahyadi S.Kep Ns. menjelaskan beberapa SOP yang harus diterapkan oleh masyarakat dalam menghadapi pola hidup New Normal (normal baru) yang belakangan ini sudah mencakup beberapa hal, diantaranya adalah :

  1. Memakai masker untuk menghindari droplet (percikan ludah)
  2. Mencuci tangan 6 langkah menggunakan sabun dan air mengalir
  3. Menjaga jarak 1,5 – 2 meter dengan orang lai saat beraktifitas
  4. Menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
  5. Selalu menyediakan hand sanitizer jika beraktifitas diluar rumah

Lebih lanjut beliau menjelaskan  bahwa Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Desa Sadang untuk tetap waspada dan memantau warga yang baru datang dari luar kota khususnya yang datang dari zona merah terlebih zona hitam. TGPP perlu menggali informasi dari warga yang datang dari luar kota yang mencakup beberapa hal berikut  :

  1. Nama
  2. Usia
  3. Bekerja dimana
  4. Bekerja sebagai apa
  5. Tanda gejala covid apakah ada atau tidak (batuk, pilek, demam, sesak, nyeri dada)

Setelah semua informasi diperoleh dan warga pendatang dinyatakan sehat maka warga diminta untuk isolasi 14 hari, karena virus yang masuk kedalam tubuh akan mati secara otomatis oleh imunitas/ kekebalan tubuh. Jika dalam 14 hari tidak sembuh berarti imunitasnya kalah dengan virus.

Dengan adanya Evaluasi Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 dari Puskesmas Jatirogo Jilid 2 ini diharapkan dapat memicu semangat dari seluruh Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Desa Sadang untuk tetap mengupayakan yang terbaik bagi Masyarakat sehingga dapat meminimalisir persebaran Covid-19 di Desa Sadang.

Video Evaluasi Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 oleh Tim Evaluasi Puskesmas Jatirogo dapat disimak di Official Youtube Channel Desa Sadang melalui link berikut ini :

https://youtu.be/EhraKogacqY

(@gus_sung)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Profil Desa Sadang Jatirogo

Peta Desa

Agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:4.992
    Kemarin:4.451
    Total Pengunjung:595.500
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.226.248.180
    Browser:Tidak ditemukan